Jumat, 03 November 2017

Tips Berkomentar Yang Baik dan Santun

Tips Berkomentar Yang Baik dan Santun
Pernah nggak sih? ketika kamu berkunjung ke blog seseorang menemukan komentar yang dilihat memang absurd sih jasa penjualan obat. Atau jangan-jangan kamu sebagai pemilik blog yang terkena spam para marketing-marketing nakal ini.  wkwkwk.

Tips Berkomentar Yang Baik dan Santun

Memang berkomentar atau menyuarakan pendapat atau menanyakan sesuatu itu memang hak seseorang, tetapi bagaimana jika yang disuarakannya itu sangat mengganggu atau bikin sebal. Kan nggak asyik.

Walaupun sudah banyak bertebaran script anti-spammer, untuk menangkal para spammer-spammer ini juga belum cukup oke. Yang paling mantap menurut saya dengan mengaktifkan fitur moderasi komentar di blog.

Dan jika kamu berkunjung ke blog seseorang berikan komentar yang nyambung dengan topik yang sedang dibahas.

Jadi.. Bagaimana Cara Berkomentar yang Baik ?


Mungkin bingung juga sih sobat-sobat disini..


1. Berkomentar sesuai dengan topik yang sedang dibahas

 

Yang kesatu ini harus benar-benar diterapkan dan dilakukan. Kan lucu jika kita blogwalking ke blog orang lain topik yang sedang dibahas " Cara membuat kue " tapi isi komentar sobat melenceng seperti " Bagaimana yah cara membuat anak? " wkwkwk. Memang komentar seperti ini kalau dibaca2 sih bikin ketawa, tapi kalau orang yang menanggapinya serius bisa-bisa sobat kena marah.

Dan, walaupun kalian nggak membaca topik yang sedang dibahas, kalian juga bisa berkomentar secara relevan, dengan cara membaca poin-poin penting.


2. Kometar Pendek Banget

 

Ini juga bikin sebel bagi kalangan blogger, seperti komentar " Terima kasih.. " dan lain sebagainya. Ibaratnya sobat itu nggak menghargai author atau pengarang yang sudah menulis panjang lebar, kalian hanya komen beberapa huruf aja. Jadi kalian yang suka blogwalking saya sarankan jika kalian mengunjungi blog semparkan berkomentar yah agak panjang, misal menambahkan kekurangan atau sama-sama mengoreksi..


3. Meminta dikunjungi Balik

 

Hmm.. yang satu ini juga sudah banyak, bahkan temen ane sendiri atau jangan-jangan tetangga saya sendiri. Memang meminta berkunjung balik sih nggak ada salahnya. Tapi jika pemilik blog merasa kurang senang dengan komentar seperti ini. Kan ribet urusannya. Tapi jika kalian berkomentar secara relevan pasti pemilik blog iseng2 berkunjung balik tanpa disuruh sobat.


4. Memasang Link Aktif

 

Memasang link aktif memang dambaan seorang blogger, karena dengan memasang link aktif secara otomatis kita mendapatkan backlink. Namun dibaik semua itu menanam backlink secara berlebihan juga nggak baik loh, dampak pertama kita jadi ngga disukai blogger lain, kedua blog kita bisa dianggap spam oleh mbah Google loh. Jadi berabe nih urusannya kalau blog sudah dianggap spam oleh Google.


Sekian tips dari saya semoga sobat yang membaca bisa menerapkannya sedikit demi sedikit. Dan jangan lupa berkomentar yah memakai akun Disqus kalian. hehehe..

Artikel Terkait

Hidup itu sederhana, namun seringkali kita lah yang membuatnya menjadi sulit.